Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

Bahaya Celah Keamanan Terbuka, Segera Upgrade ke Joomla 3.6.4

Joomla 3.6.4

Joomla! Blog Indonesia. Joomla! 3.6.4 telah dirilis oleh tim pengembang resmi Joomla! CMS. Rilis Joomla! 3.6.4 tidak terpaut jauh dengan Joomla! 3.6.3 yang telah dirilis pada tanggal 18 Oktober 2016 lalu. Rilis Joomla 3.6.4 merupakan perbaikan keamanan dengan kategori "Resiko Tinggi" yang tidak bisa anda abaikan untuk segera melakukan upgrade.

Celah keamanan tingkat tinggi tersebut dialami pada Joomla versi 3.4.4 sampai dengan 3.6.3, dilansir dari situs resmi joomla.org terdapat dua celah keamanan tingkat tinggi yang terdapat pada inti sistem pembuatan akun di mana pengunjung dapat melakukan pendaftaran meskipun sistem pendaftaran dalam kondisi tidak aktif dan celah yang kedua yaitu hak akses pengguna ke level tertinggi, yaitu memungkinkan penggunaan data tanpa filter mendaftar dengan hak akses pengguna tertinggi dalam hal ini adalah hak akses "superuser" pada website Joomla anda.

Adapun cara melakukan Upgrade ke Joomla 3.6.4 yaitu dengan fasilitas "Joomla Update" pada menu Component di halaman administrator. Penulis telah melakukan beberapa proses diantaranya dari Upgrade Joomla 3.6.2 ke Joomla 3.6.4 berjalan dengan lancar, kemudian dari Joomla 3.6.3 ke Joomla 3.6.4 mengalami masalah, akhirnya penulis lakukan upgrade secara manual dengan mengupload file upgrade yang telah disediakan (pada link di bawah).

Tim Keamanan Joomla telah bekerja dengan keras untuk memperbaiki celah ini pada versi Joomla! 3.6.4, tentunya penghargaan dan terima kasih kepada mereka semua sangat patut kita berikan, karena dengan kerja kerjas mereka inti sistem Joomla dapat diperbaiki dalam waktu yang cukup cepat.

Anggota tim Keamanan Joomla: Beat B., Brian Teeman, Mark Boos, Luca Marzo, Marco Dings, Thomas Hunziker, David Jardin, Alan Langford, Jean-Marie Simonet, Phil Taylor, Viktor Vogel, George Wilson, Davide Tampellini, André Pereira da Silva, Peter Martin, Claire Mandville and Yves Hoppe.

Ketua Tim Keamanan : Michael Babker

 

Download Joomla 3.6.4 Paket Penuh

 

Download Joomla 3.6.4 Paket Pembaruan

 

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru